System

Mengolah Minyak Jelantah Menjadi Sabun

"Cara menolah limbah minyak jelantah menjadi sabun pembersih sangatlah mudah, limbah jadi cuan dengan pengolahan yang benar."

4 min read

Mengolah Minyak Jelantah Menjadi Sabun

Minyak gorang adalah bahan pangan utama yang paling sering digunakan masyarakat untuk memasak, dalam penggunaanya tidak ada batasan sehingga masyarakat dapat memakainya kapan saja tanpa ada aturan yang berlaku, minyak juga menjadi poko utama dalam hal goreng-menggoreng pada kategori perdapuran.

Setiap harinya minyak goreng menjadi bahan utama yang digunakan oleh para pedagang kecil hingga pengusaha besar, itu wajar namun penulis menemukan berberapa yang tak biasa berkaitan dengan pasca penggunaan minyak itu.

Banyak orang yang membuang bekas minyak goreng tersebut senaknya tanpa memperhatikan akibat dari buangan limbah minyak tersebut, nah dari kasus tersebut penulis mencari informasi bagaimna bahayanya limbah minyak goreng yang dibuang begitu saja tanpa adanya penanganan yang benar.

Setelah menemui beberapa pakar atau ahli penulis menemukan informasi dan akan membagikannya kepada semua masyarakat bahwa kini jangan kawatir lagi dengan minyak goreng bekas pakai, ternyata ada solusi bagaimana minyak bekas diubah menjadi barang yang bernilai, simak penjelasannya.

Cara Mengolah Minyak Jelantah Menjadi Sabun
Mengolah Minyak Jelantah Menjadi Sabun


Apa itu minyak jelantah?

Minyak jelantah juga dikenal sebagai minyak bekas gorengan adalah minyak yang telah digunakan untuk menggoreng makanan seperti kentang goreng, ayam goreng atau makanan lainnya.

Minyak ini telah mengalami proses pemanasan yang tinggi selama proses penggorengan,dan biasanya mengandung sisa sisa makanan yang terendap di dalamnya.

Manfaat minyak jelantah

  1. Pembuatan biodiesel; minyak jelantah bekas dapat didapur ulang menjadi biodiesel,bahan bakar altenatif yang lebih ramah lingkungan dari pada bahan bakar fosil.ini menbantu mengurangi limbah minyak jelantah dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.
  2. Sabun;minyak jelantah dapat digunakan dalam pembuatan sabun sebagai bahan baku .ini adalah cara untuk mendauru ulang minyak bekas menjadi produk yang berguna.
  3. Pelumas dan bahan bakar. Beberapa industri menggunakan minyak jelantah bekas sebagai pelumas atau dalam proses pembuatan bahan bakar.
  4. Penggunan non makanan; minyak jelantah juga dapat digunakan dalam berbagai aplikasi non pangan seperti untuk menghilangkan karat,pelumas mesin,atau bahkan sebagai bahan dalam produksi lilin bahaya membuang minyak jelantah sembarangan
  5. Pencemaran lingkungan; minyak jelantah yang dibuang ke saluran pembuangan atau dilepaskan ke lingkungan dapat mencemari tanah dan air ini dapat mengganggu ekosistem alamiah dan membahayakan kehidupan air dan makluk dara.
  6. Penghambatan saluran pembuangan; minyak jelantah yang terbuang ke dalam sistem saluran pembuangan domestik atau kota dapat mendinginkan dan membeku,menyebabkan penyumbatan pipa dan masalah pada sistem sanitasi ini dapat mengakibatkan saluran pembuangan tersumbat,yang pada gilirannya dapat menyebabkan banjir dan perbaikan yang mahal.
  7. Masalah kesehatan masyarakat ;limbah minyak jelantah yang tidak dibuang dengan benar dapat menarik serangan dan hewan pengerat yang dapat menjadi masalah kesehatan masyarakat selain pembuangan akibat pembuangan minyak jelantah yang tidak benar,dan publik akan di gunakan yang ituh minyak inijuga dapat merusak taman bermain atau area umumlainnya jika tercecer di permukan
  8. Kerugian finansial;untuk mengatasi masalah penyumbatan pipa dan perbaikan sistem saluran pada akhirnya dapat mengakibatkan biaya yang lebih tinggi bagi warga setempat dalam bentuk pajak atau tarip air yang lebih tinggi

Cara membuang minyak jelantah yang benar

1.mendaur ulang; pertimbangkan untuk mendaulu ulang minyak jelantah anda jika memungkinkan anda bisa mengumpulkan minyak tersebut dalam wadah tertutup dan membawanya ke tempat pengumpulan minyak jelantah bekas atau fasilitas daru ulang minyak.

2.menggunakan penyerap;gunakan penyerap minyak seperti seperti keretas koran atau anduk keretas untuk menyerap minyak yang tersisa dari makanan yang digoreng sebelum membuang nya.

3.membuang dengan benar.jika tidak ada fasilitas daur ulang minyak di dekat anda hubungi otoritas setempat atau perusahaan pengolahan limbah untuk informasi tentang cara membuang minyak jelantah dengan aman biasanya anda akan diminta untuk menempatkan minyak dalam wadah tertutup dan mengirimkannya ke tempat pembuangan limbah yang sesuai.

Resep Sabun Jelantah

  • Air murni,bisa menggunakan air tanah ,air mineral atau lebih bagusnya menggunakan air ac <bila ada > sebanyak 190 gram.
  • Minyak jelantah yang sudah melalui proses pemurnian sebanyak 450 gram /500 ml.
  • Soda api bubuk atau naoh sebanyak 70 gram.
  • Pewarna makanan cair secukupnya.
  • Pewangi cair <essence> secukupnya

Kemudian perhatikan :
  • Untuk pewarna dapat digantikan dengan pewarna nabati dari alam seperti kunyit,pandan,pepaya,buah naga merah dll.
  • Untuk pewangi cair dapat digantikan dengan pewangi nabati dari alam seperti kulit jeruk,daun mint,daun kemangi,sereh ,kopi dll.
  • Dapat juga ditambahkan ampas kopi yang dapat berfungsi sebagai scrub pada sabun

Resep diatas berlaku kelipatan.

Cara pembuatan sabun jelantah

Sebelum memulai proses produksi sebaiknya siapkan alat dan bahan dengan baik , agar proses pembuatan sabun bisa sempurna.
  1. Tuangkam soda api kedalam air<jangan terbaik> aduk lalu diamkan hingga mencair suhu ruangan.
  2. Masukan pewarna kedalam air yang sudah dicampurkan soda api ,aduk sampai tercampur sempurna.
  3. Bila menggunakan pewarna alami pastikan jumlah air + pewarna =190 gram.
  4. Masukan pewangi kedalam minyak jelantah yang sudah dimurnikan.
  5. Masukan adonan soda api kedalam adonan jelantah ,campurkan bahan scrup bila ada, lalu aduk menggunakan hand mixer hingga tercampur sempurna.
  6. Tuangkan adonan sesegera mungkin kedalam adonan agar adonan tidak menggumpal
  7. Bila cetakan menggunakan bahan pelastic atau bahan tidak lentur lainya sebanyak sebelum adonan dituang cetakan cetakan disemprot terlebih dahulu dengan alcohol.
  8. Biarkan adonan di dalam cetakan selama 3 sd 4 hari, jemur dipanaskan matahari agar adonan lebih cepat mengeras.
  9. Butuh waktu kurang lebih selama 3sd 6 minggu agar soda api menyatu dengan sempurna dan sampai kadar air ideal, pada masa ini sabun sudah terbentuk sempurna dan aman untuk digunakan
  10. Beri kemasan menarik.
  11. Sabun jelantah siap untuk digunakan atau dipasarkan.
Mengolah limbah minyak jelantah pakai dengan cara yang benar dapat mengahasilkan nilai yang lumayan baik, pengolahan dapat dilakukan sesuai dengan takaran yang ditentukan, setelah membaca semua artikel ini penulis berharap kalian semua tidak lagi membuang minyak jelantah sembarangan hingga mencemarkan lingkungan.

bagi bapak ibu yang suka makanan atau cemilan khas sukabumi obleh di order kunjungi Mochi Kaswari Sukabumi lezat dan nikmat