System

Kemajuan Teknologi yang Merubah Pola Hidup Manusia - Tinggalkan Tradisi Lama

"AI atau Artificial Intellegence dalah Kecerdasan buatan dan android menjadi kombinasi utama yang menggeser beberapa pola hidup di masyarakat."

4 min read
Pola hidup manusia kini sangat berbeda karena teknologi yang terus berkembang. Hampir semua berubah mengikuti perkembangan zaman seperti gaya hidup, pola pikir, cara berpergian, dan lain-lain.

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi hal tersebut contohnya kebersihan, menu yang disantap sehari-hari, sampai cara pengolahan makanan. Berikut adalah beberapa contoh kemajuan teknologi yang memiliki dampak positif dalam kehidupan manusia.

Kemjaun teknologi dalam bidang komunikasi yang paling terasa akhir-akhir ini adalah munculnya Android. Android adalah sistem operasi yang digunakan pada smartphone. Sistem operasi ini merupakan keluaran google sehingga untuk bisa mengoperasikannya di perangkat anda harus memasukkan email google terlebih dahulu. Android muncul bersamaan dengan semakin pesatnya kemajuan AI atau Artificial Intellegence.

Kemajuan Teknologi Merubah Gaya Hidup Manusia
Hidup semakin mudah dengan teknologi

Dalam bahasa indonesia AI disebut sebagai kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan dan android menjadi kombinasi utama yang menggeser beberapa pola hidup di masyarakat. Berikut adalah beberapa pola atau gaya hidup yang berubah setelah munculnya android dan kecerdasan buatan.

1. Komunikasi Lebih Mudah

Android memang digunakan di smartphone, tentu saja hal ini membuat komunikasi sesama manusia menjadi lebih mudah. Jika dulu bertukar kabar hanya bisa dengan mengiirm pesan SMS, kini kita sudah dapat mengirim pesan video, gambar, bahkan pesan suara. Tidak hanya itu, ketika bertelpon pun tidak hanya suara saja yang digambarkan namun sudah audio visual. Sehingga kita bisa melihat langsung muka lawan bicara pada layar begitu pula sebaliknya. Berkomunikasi kini menjadi lebih mudah disertai dengan kualitas yang lebih bagus dan juga harga lebih murah.


2. Berkurangnya Media Offline

Dulu jika anda perhatikan banyak orang yang berlangganan koran. Kini, orang yang masih berlangganan koran bisa dihitung dengan jari. Hal ini disebabkan karena orang-orang bisa mengakses berita secara online. Mereka bisa memilih berita apa yang ingin dibaca. Selain itu, tidak perlu membawa kertas seperti membaca koran, belum lagi khawatir jika berantakan. Membaca berita lewat smartphone jauh lebih praktis. Sehingga kini banyak media yang dulunya menerbitkan koran sekarang memiliki website resmi sehingga orang-orang tetap bisa menikmati berita sehari-hari namun dengan cara yang berbeda.

Selain koran, jumlah pembaca buku dan komik juga semakin sedikit. Tidak heran jika sekarang banyak muncul versi elektroniknya yang disebut dengan e-book. Adanya pergeseran gaya hidup seperti ini tentu sedikit banyak memberi pengaruh pada industri yang sudah berjalan bertahun-tahun sebelum android muncul. Contohnya mereka harus menyediakan versi elektronik jika masih ingin bersaing dengan pasar.

3. Munculnya Pekerjaan-Pekerjaan Baru

Kemungkinan besar tidak pernah terlintas dipikiran orang dulu jika merka tidak harus menunggu dipinggir jalan lagi untuk menstop taksi atau mencari ojek. Lagi-lagi zaman sekarang hal tersebut bisa dilakukan sebatas memencet tombol di layar ponsel. Taksi atau ojek akan datang ke titik lokasi anda. Tidak hanya itu, anda juga tidak perlu khawatir dibohongi terkait harga karena estimasi harga sudah muncul terlebih dahulu. Jika dirasa terlalu mahal anda bisa tidak jadi pesan. Pekerjaan sebagai driver taksi dan ojek online tentu saja termasuk salah satu jenis pekerjaan baru. Namun, sangat disayangkan beberapa orang menganggap pekerjaan sebagai driver taksi maupun ojek online dianggap mematikan usaha taksi dan ojek konvensional.

Hingga sekarang perdebatan tentang hal ini juga tak kunjung usai. Bagaimanapun juga jika ingin bisa melewati berbagai rintangan setiap orang dituntuk supaya bisa terbuka terhadap perkembangan teknologi. Kini jasa tersebut tidak hanya berupa mengantarkan penumpang saja, namun juga mengantarkan makanan, barang, bahkan membeli kebutuhan sehari-hari di supermarket. Hal ini tentu saja terjadi akibat dipicu oleh kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Sehingga, kehidupan manusia menjadi lebih praktis dan mudah.

4. Munculnya Work from Home

Mungkin sebagian dari anda mengenal istilah work from home atau wfh sejak munculnya pandemi covid 19. Padahal istilah tersebut sudah muncul sejak gaya hidup manusia yang berubah menjadi lebih praktis karena hadirnya android, kecerdasan buatan, dan internet. 

Para perancang aplikasi bisa mengerjakan pekerjaan mereka dari rumah. Tidak hanya itu, munculnya berbagai macam market place juga membuat rektuitmen pekerjaan customer service semakin besar. Beberapa customer service berbasis live chat atau email bisa mengerjakan pekerjaan mereka dari rumah. Jenis pekerjaan ini tidak akan pernah ada tanpa adanya inovasi terbaru teknologi.

5. Kecerdasan Buatan Menggeser Posisi Manusia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kecerdasan buatan mampu mempermudah hampir semua aktivitas manusia. Tidak hanya itu, ditemukannya kecerdasan buatan dan peng-aplikasiannya pada robot mampu melakukan aktivitas yang manusia lakukan. Meski aktivitas manusia yang bisa dilakukan oleh robot dengan kecerdasan buatan tidak beragam seperti layaknya manusia, hal tersebut sudah cukup untuk menggeser peran manusia pada beberapa pekerjaan. Contohnya, pelayan restoran. 

Tugas pelayan restoran adalah mencatat menu, mengantar menu, dan membereskan meja. Di Jepang, sudah banyak restoran yang menggunakan robot sebagai pelayan restoran-nya. Bahkan restoran ini cukup terkenal karena menggunakan robot sebagai pelayan restoran dan membuat banyak orang penasaran.

Tidak hanya pelayan restoran saja, pada bagian kasir sudah banyak yang menggunakan mesin saja. Uang pembayaran akan dimasukkan dan mesin akan memberi anda kembalian. Ada pula restoran yang hanya memiliki vending machine. Perlu anda ketahui vending machine di jepang sangat beraneka ragam tidak seperti di Indonesia yang biasanya berupa minuman atau jajanan saja.

Di Jepang, vending machine ada yang berisi makanan berat, aksesoris, bahkan pakaian dalam. Tidak heran jika ada tempat makan yang menyediakan vending machine saja. Pelanggan bisa memilih menu di veding machine dan nantinya menu akan diantar dengan roll seperti pada restoran sushi. Keberadaan kecerdasan buatan di jepang sudah berhasil mengambil alih beberapa peran yang awalnya dilakukan manusia. Inovasi baru dalam bidang teknologi ini tentu cukup mencengangankan dan tidak hanya berhenti di situ saja.

6. Robot yang Bisa Berbicara

Jika robot pelayan restoran hanya bisa berinteraksi sebatas pengetahuan restoran saja, bagaimana dengan robot yang benar-benar bisa diajak berbicara selayaknya manusia? Tentu saja hal ini jauh lebih mencengankan lagi. Bayangkan jika sebuah robot bisa diajak berinteraksi layaknya manusia, berapa banyak kosa kata yang dia miliki dalam memorinya? Robot yang bisa diajak bicara masih dalam pengembangan namun sudah bisa diajak mengobrol layaknya manusia dan memiliki paras menawan. Robot ini merupakan robot buatan ilmuwan asal rusia.